sekaten solo

Bagi kalian yang merencanakan berlibur ke Solo pada akhir tahun ini, jangan lewatkan salah satu acaara tahunan yang paling dinantikan warga Solo yakni Festival Sekaten Solo 2016 yang akan digelar pada 5 hingga 12 Desember 2016 bertempat di Alun-alun utara Keraton Kasunanan Surakarta.
Sekaten Solo merupakan festival rakyat tahunan yang diadakan pada tiap tanggal lima pada bulan Jawa Mulud atau bulan ketiga sesuai dengan sistem kalender Jawa. Acara ini merupakan rangkaian acara dalam memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW.
Pembukaan Sekaten Solo dimulai dengan dimainkannya gamelan Kyai Guntur Madu dan Kyai Guntur Sari. Dalam Sekaten Solo, pengunjung dapat menikmati beragam hiburan, atraksi, kuliner, dan menemukan barang-barang yang dijual dengan murah meriah. Setelah sekaten usai, keesokan harinya akan ada Grebeg Maulud.

Grebeg Maulud merupakan acara yang diadakan oleh pihak Keraton Kasunanan Surakarta yang diisi dengan arak-arakan gunungan yang berisi beragam hasil bumi untuk kemudian diperebutkan masyarakat yang berkunjung.

Catat tanggalnya dan pastikan kalian yang akan berlibur ke Solo pada akhir tahun ini tidak melewatkan acara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked