wisata waduk kedung ombo

wisata  waduk kedung ombo

Waduk Kedung Ombo merupakan sebuah bedungan raksasa yang terdapat di Jawa Tengah. Waduk ini memiliki luas 6.576 hektar dan menempati 3 wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen dan Kabupaten Boyolali. Keberadaan Waduk Kedung Omb ini sangat ermanfaat terutama sebagai sarana irigasi bagi persawahan yang berada di Kabupaten Grobogan dan sekitarnya.

Selain sebagai sarana irigasi, waduk kedung ombo  juga dikembangkan sebagai tempat wisata yang sangat potensial. Salah satu spot di Tempat Wisata Waduk Kedung Ombo yang banyak didatangi wisatawan adalah yang ada di Desa Kedung Ombo, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan.

fungsi utama Waduk Kedung Ombo adalah sebagai sarana irigasi. Ada lebih dari 60.000 hektar sawah yang dapat diairi dengan air dari Kedung Ombo ini. Sawah yang diairi Waduk Kedung Ombo ini berada di wilayah Kabupaten Grobogan, Sragen.

Boyolali, Demak, Kudus dan Pati. Selain sebagai penyedia irigasi bagi lahan oertanian, Waduk Kedung Ombo juga dimanfaatkan untuk penyedia air baku,  pembangkit tenaga listrik berkekuatan 22,5 megawat, Meredam banjir,  Sebagai objek pariwisata, Perikanan, dengan adanya keramba-keramba dan pemancingan.

banyak dikunjungi oleh wisatawan, karena Waduk Kedung Ombo menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Anda dapat melihat secara langsung bendungan raksasa yang menjadi kebanggaan warga Jawa Tengah ini. Di sekitar waduk dapat anda lihat bagaimana bendungan ini dibuat. Di sekitra bendungan sendiri juga terlihat rapih. Di sekitar Waduk Kedung Ombo banyak ditumbuhi hutan yang rimbun yang dikelola oleh Perhutani.

Waduk Kedung Ombo sudah dikembangkan sedemikian rupa sehingga mebuat nyaman para pengunjung. Ada beberapa pemancingan yang siap melayani pengunjung dengan menyajikan berbagai masakan ikan air tawar.

Jika ingin melihat lebih jauh ke dalam waduk anda juga dapat menyewa perahu motor yang dapat mengantarkan ana mengelilingi area Waduk Kedung Ombo.

Di sepanjang Waduk Kedung Ombo juga banyak dutemui pehobi memancing yang mencoba meruntungannya memancing ikan air tawar. Namun dibalik itu semua, Waduk Kedung Ombo menyimpan kisah yang teramat pilu.

Kisah itu berhubungan dengan penolakan dari warga masyarakat yang tanahnya akan digunakan sebagai lokasi pembuatan waduk kedung ombo ini. Warga menolak karena enggan meninggalkan tanah kelahirannya dan juga karena ganti rugi tanah yang sangat kecil. Warga yang tidak mau pindah banyak mengalami acaman

Letak waduk menduduki pertemuan tiga wilayah kabupaten, yaitu Boyolali, Sragen, dan Grobogan. Luas areal 5.898 hektas, luas genangan air 46 km persegi, volume air 731 juta meter kubik. Panjang bendungn utama 1,6 km, lebar bagian atas 12 meter, lebar bagian bawah 362 meter. Tinggi elevasi air puncak 96 meter dan elevasi terendah 66 meter.

Pada awal pembangunan, sebagai pengendali banjir wilayah Serang bawah. Sekarang, sudah mampu mengairi lahan pertanian seluas 60 ribu hektar.

Harga tiket masuk ke Waduk Kedung Ombo sangat murah, hanya merogoh kocek Rp 5.000 saja. Nominal uang segitu sangat murah bila dibandingkan dengan pesona keindahan yang ditawarkan oleh waduk ini. Sarana dan prasarana yang dibangun untuk kepentingan para wisatawan sudah lengkap. Mulai dari fasilitas toilet.

kamar mandi, warung makan, tempat duduk santai di berbagai titik, gardu pandang di titik-titik strategis untuk menikmati keindahan lanskap sekitarnya.

Terdapat wana wisata yang terletak di Desa Ngeboran, Kecamatan Kemusu. Jenis tanamannya berupa pohon jati dan mahoni yang dikelola oleh Perhutani.

Pepohonan yang ditanam di sini tertata rapi sehingga enak dipandang. Disediakan juga tempat duduk, tempat peristirahatan, sarana kolam pemancingan, gardu pandang, air bersih, toilet, kamar mandi, tempat parkir roda dua dan empat, dan camping ground.

Kita juga bisa menikmati keindahan sunset yang eksotis dan menawan. Bila lapar dan lelah, tinggal sambangi warung makan terdekat untuk menikmati aneka hidangan makanan olahan ikan. Tentu sangat menyenangkan sekali bukan?

demikian penjelasan tempat wisata /obyek wisata kedung ombo yang sangat besar dan indah

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked